- Latar Belakang
Klinik Sari Asihh merupakan salah satu badan usaha
yang belum melakukan komputerisasi. Sistem pengolahan data pasien yang
terdapat di Klinik saat ini masih dilakukan secara manual dimana dalam
pembuatan laporan kurang efektif dan tidak efisien, terutama dalam hal
waktu pemrosesan. Pada kegiatan administrasinya, bagian pendaftaran
pasien membutuhkan waktu yang sangat lama dalam memproses formulir
pendaftaran pasien, dimana pencarian data pasien yang berupa dokumen
dalam bentuk kertas dilakukan berdasarkan Nomor Kartu Pasien. Hal ini
bisa mengakibatkan antrian pasien terutama pada saat terjadi banyak
calon pasien yang akan melakukan registrasi (pendaftaran).
- Ruang Lingkup
Dalam
proposal ini tim pengembang akan mengembangkan proses
pendaftaran(Registrasi) pasien ketika baru pertama kali datang ke
klinik, pendaftaran periksa pasien (Reservasi), mengetahui jumlah
pasien yang melakukan pendaftaran setiap harinya (Sesuai quota dokter)
secara online. Pada aplikasi ini juga disediakan forum diskusi untuk
para pemakai bertukar informasi mengenai pelayanan klinik.
- Tujuan Pengembangan
Tim Pengembang akan mengembangkan sebuah
situs yang bermanfaat bagi para pasien akan besarnya kebutuhan juga
kemudahan dalam pendaftaran dan pemesanan berobat ke dokter, pemesanan
periksa pada klinik ini dapat menguntungkan pada kedua pihak klinik dan
pasien, yaitu pencatatan dapat lebih cepat sehingga meminimalkan biaya
yang dikeluarkan, selain itu pemakai juga dapat berinteraksi melalui
update diskusi yang disediakan.
- Estimasi Waktu Pengerjaan Proyek
Kegiatan dan Waktu Pelaksanaan
|
Mei
|
Juni
|
Juli
| |||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
| |
Pengumpulan Informasi
| ||||||||||||
Pengadaan Alat dan Bahan
| ||||||||||||
Perancangan Sistem dan Modul
| ||||||||||||
Perancangan Prototipe
| ||||||||||||
Pembuatan Program
| ||||||||||||
Pengujian Prototipe
| ||||||||||||
Interpretasi Hasil Uji
| ||||||||||||
Pelatihan
| ||||||||||||
Pemeliharaan
| ||||||||||||
Dokumentasi
|
- Estimasi Biaya Pengerjaan Proyek
No.
|
Perincian Kegiatan
|
Biaya ( Rupiah )
|
1
|
Transportasi
|
350.000
|
2
|
Programmer
|
4.000.000
|
3
|
Dokumentasi
|
500.000
|
4
|
Domain/ Dedicated IP
|
3.000.000
|
6
|
Pelatihan
|
1.500.000
|
7
|
Pemeliharaan
|
2.000.000
|
Jumlah
|
11.350.000
|
- Rencana Kerja Proyek
Proyek pengembangan ini akan dilakukan dengan urutan beberapa tahap pengerjaan sebagai berikut :
1. Tim Pengembang mengumpulkan informasi yang dibutuhkan untuk aplikasi registrasi dan reservasi yang akan dibangun.
2. Mempersiapkan software dan hardware untuk mengembangkan aplikasi yang akan di bangun.
3. Merancang sistem dan modul yang akan diterapkan kedalam aplikasi registrasi.
4. Perancangan desain prototype aplikasi dan pembuatan program untuk menghasilkan bentuk aplikasi registrasi.
5. Mulai melakukan proses dokumentasi dari awal perancangan dan pembuatan program.
6. Pengujian pembuatan program dengan desain protipe dan modul apakah telah sesuai.
7. Melihatkan aplikasi kepada konsumen untuk melakukan persetujuan dari modul-modul dan tampilan aplikasi.
8. Melakukan pembelian domain/dedicated IP berjangka waktu 1 tahun untuk penguploadan aplikasi ke internet.
9. Melakukan pelatihan penggunaan aplikasi registrasi kepada user (pegawai klinik), dan administrator aplikasi.
10. Tim Pengembang melihat dan melakukan perbaikan apabila masih terdapat error/ kesalahan dalam aplikasi.
11. Penyelesaian tahap dokumentasi untuk diberikan kepada konsumen.
7. Alternatif
Dalam aplikasi registrasi klinik
ini semua data akan disimpan ke dalam basis data MySQL, software MySQL
tersebut tidak diproduksi sendiri oleh Perusahaan kami, melainkan dengan
cara mendownload dari internet. Namun apabila anda menginginkan
kapasitas penyimpanan yang lebih besar maka kami dapat menyediakan basis
data yang dapat menampung data dalam jumlah besar tetapi akan ada biaya
tambahan untuk melakukan perubahan itu. Dan basis data itu juga tidak
diproduksi sendiri oleh perusahaan kami.
8. Permintaan User
1. Aplikasi ini dapat melakukan pendaftaran , reservasi antrian , rekam medis untuk menanggulangi pasien yang datang ke klinik.
2. Tampilan aplikasi tidak terlalu heboh, kombinasi warna yang tidak terlalu banyak dan dibuat agar menarik.
3. Urutan langkah aplikasi dapat dipahami dengan mudah dan menyediakan helpdesk pada aplikasi.
4. Aplikasi ini menyediakan forum untuk mengetahui kualitas pelayanan di klinik.
5. Menyediakan halaman untuk administrator yang berguna untuk mendaftarkan pasien yang baru pertama kali datang untuk mendapatkan nomer antrian .
6. Memberikan pelatihan cara penggunaan aplikasi kepada siswa/siswi, guru maupun administrator aplikasi.
7. Menyediakan dokumentasi aplikasi.
No comments:
Post a Comment