Wednesday, April 11, 2012

PROPOSAL PENGEMBANGAN APLIKASI REGISTRASI DAN RESERVASI KLINIK SARI ASIHH SECARA ONLINE


  1. Latar Belakang
            Klinik Sari Asihh merupakan salah satu badan usaha yang belum melakukan komputerisasi. Sistem pengolahan data pasien yang terdapat di Klinik saat ini masih dilakukan  secara manual dimana  dalam pembuatan laporan kurang efektif dan tidak efisien, terutama dalam hal waktu pemrosesan. Pada kegiatan administrasinya, bagian pendaftaran pasien membutuhkan waktu yang sangat lama dalam memproses formulir pendaftaran pasien, dimana pencarian data pasien yang berupa dokumen dalam bentuk kertas dilakukan berdasarkan Nomor Kartu Pasien. Hal ini bisa mengakibatkan antrian pasien terutama pada saat terjadi banyak calon pasien yang akan melakukan registrasi (pendaftaran).
  1. Ruang Lingkup
                Dalam proposal ini tim pengembang akan mengembangkan  proses pendaftaran(Registrasi) pasien  ketika baru pertama kali datang ke klinik, pendaftaran periksa pasien (Reservasi),  mengetahui jumlah pasien yang melakukan pendaftaran setiap harinya (Sesuai quota dokter) secara online. Pada aplikasi  ini juga disediakan  forum diskusi untuk para pemakai bertukar informasi mengenai pelayanan klinik.
  1. Tujuan Pengembangan
Tim Pengembang akan  mengembangkan sebuah situs yang bermanfaat bagi para pasien akan besarnya kebutuhan juga kemudahan dalam pendaftaran dan pemesanan berobat ke dokter, pemesanan periksa pada klinik ini dapat menguntungkan pada kedua pihak klinik dan pasien, yaitu pencatatan dapat lebih cepat sehingga meminimalkan biaya yang dikeluarkan, selain itu  pemakai juga dapat berinteraksi melalui update diskusi yang disediakan.
  1. Estimasi Waktu Pengerjaan Proyek
            Kegiatan dan Waktu Pelaksanaan
Mei
Juni
Juli
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
Pengumpulan Informasi












Pengadaan Alat dan Bahan












Perancangan Sistem dan Modul












Perancangan Prototipe












Pembuatan Program












Pengujian Prototipe












Interpretasi Hasil Uji












Pelatihan












Pemeliharaan












Dokumentasi













  1. Estimasi Biaya Pengerjaan Proyek
No.
Perincian Kegiatan
Biaya ( Rupiah )
1
Transportasi
350.000
2
Programmer
4.000.000
3
Dokumentasi
500.000
4
Domain/ Dedicated IP
3.000.000
6
Pelatihan
1.500.000
7
Pemeliharaan
2.000.000

Jumlah
11.350.000

  1. Rencana Kerja Proyek
Proyek pengembangan ini akan dilakukan dengan urutan beberapa tahap pengerjaan sebagai berikut :
1.      Tim Pengembang mengumpulkan informasi yang dibutuhkan untuk aplikasi registrasi dan reservasi  yang akan dibangun.
2.      Mempersiapkan software dan hardware untuk mengembangkan aplikasi yang akan di bangun.
3.      Merancang sistem dan modul yang akan diterapkan kedalam aplikasi registrasi.
4.      Perancangan desain prototype aplikasi dan pembuatan program untuk menghasilkan bentuk aplikasi registrasi.
5.      Mulai melakukan proses dokumentasi dari awal perancangan dan pembuatan program.
6.      Pengujian pembuatan program dengan desain protipe dan modul apakah  telah sesuai.
7.      Melihatkan aplikasi kepada konsumen untuk melakukan persetujuan dari modul-modul dan tampilan aplikasi.
8.      Melakukan pembelian domain/dedicated IP berjangka waktu 1 tahun untuk penguploadan aplikasi ke internet.
9.      Melakukan pelatihan penggunaan aplikasi registrasi kepada user (pegawai klinik), dan administrator aplikasi.
10.  Tim Pengembang melihat dan melakukan perbaikan apabila masih terdapat error/ kesalahan dalam aplikasi.
11.  Penyelesaian tahap dokumentasi untuk diberikan kepada konsumen.

7.  Alternatif
                    Dalam aplikasi registrasi klinik ini semua data akan disimpan ke dalam basis data MySQL, software MySQL tersebut tidak diproduksi sendiri oleh Perusahaan kami, melainkan dengan cara mendownload dari internet. Namun apabila anda menginginkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar maka kami dapat menyediakan basis data yang dapat menampung data dalam jumlah besar tetapi akan ada biaya tambahan untuk melakukan perubahan itu. Dan basis data itu juga tidak diproduksi sendiri oleh perusahaan kami.
8.    Permintaan User
1.      Aplikasi  ini dapat melakukan  pendaftaran ,  reservasi  antrian , rekam medis untuk menanggulangi pasien yang datang ke klinik.
2.      Tampilan aplikasi tidak terlalu heboh, kombinasi warna yang tidak terlalu banyak dan dibuat agar menarik.
3.      Urutan langkah aplikasi dapat dipahami dengan mudah dan menyediakan helpdesk pada aplikasi.
4.      Aplikasi  ini menyediakan forum untuk mengetahui kualitas pelayanan di klinik.
5.      Menyediakan halaman untuk  administrator yang berguna untuk mendaftarkan pasien yang baru pertama kali datang untuk mendapatkan nomer antrian .
6.      Memberikan pelatihan cara penggunaan aplikasi kepada siswa/siswi, guru maupun administrator aplikasi.
7.      Menyediakan dokumentasi aplikasi.

No comments:

Post a Comment