Friday, November 20, 2009

DAMPAK KOMUNIKASI MEDIA ELEKTRONIK

Pengertian komunikasi :

• Proses penyampaian informasi, gagasan, emosi
untuk mencapai sesuatu bersama

• Pertukaran pesan agar tercapai pemahaman yang sama tentang pandangan, gagasan dan pengalaman


Unsur-unsur komunikasi :

• Siapa = Komunikator (sumber); Adalah individu tertentu atau kelompok yang mengirimkan pesan atau informasi kepada individu/kelompok lain.

• Mengatakan apa = Pesan; Adalah informasi atau maksud yang disampaikan atau dikirimkan. Pengirimannya bisa memakai pesan verbal (kata-kata) maupun non-verbal (isyarat, tanda).

• Kepada siapa = Komunikan (penerima); Individu atau kelompok tertentu yang merupakan sasaran pengiriman pesan (pada orang tua/dosen, teman/anak kecil)

• Melalui saluran yang mana = Saluran/Media; Adalah alat untuk membawa pesan dari sumber ke penerima (telp/HP, radio, tv)

• Dengan dampak apa = Dampak/Tujuan. Adalah akibat dari suatu proses komunikasi. Dampak komunikasi umumnya terbagi atas dampak kognisi (pengetahuan), afeksi (perasaan) dan konasi (perilaku).



Yang ingin saya bahas kali ini adalah unsur komunikasi yang ke-5 yaitu dampak/tujuan.Yang saya ingin bahas disini adalah dampak komunikasi media elektronik.melihat saat ini masyarakat sudah banyak yang memakai media elektronik untuk berkomunikasi, mulai dari anak-anak, remaja sampai dewasa.

Internet,.. pada jaman sekarang ini siapa yg tidak kenal dengan internet.para mahasiswa, pelajar dari SD sampai SMA pun sudah tidak asing ;lagi dengan yang satu ini
Internet sudah banyak sekali menjaring masyarakat, tidak pandang buluh dari kalangan atas sampai kalangan bawah pun bias meng aksesnya . bagi orang-orang kalangan atas dapat menggunakan internet melalui internet rumahan ataupun mobile.
Orang yang kalangan bawah pun tidak kehabisan akal walaupun mereka tidak sanggup memasang internet rumahan atau handphone canggih yang dapat mengakses internet via mobile tetapi mereka dapat mengakses internet melalui warnet-warnet yang pada saat ini sedang menjamur pada masyarakat Indonesia.apalagi dengan biaya yang relative murah hanya Rp.2.500 – Rp 4.000 per jam-nya.
Saat ini banyak sekali hal yang dapat dilihat di dalam dunia maya, bagi para band-band baru pun dapat menggunakan situs my space untuk “membeberkan” tentang bandnya. Ataupun dengan menggunakan twetter para artis dapat memberitahu kepada para fansnya jadwal manggung sampai hal yang sepele dengan tempo waktu yang sangat cepat.

Dari sekian hal yang sering diakses masyarakat sekarang ini. Hal yang belakangan ini sedang banyak sekali di akses masyarakat adalah facebook Siapa yang tidak puya facebook saat ini mayoritas masyarakat mempunyainya pada saat ini. Hal ini dapat membantu kita untuk berkomunikasi dengan teman lama ataupun teman yang jaraknya jauh dengan kita. Banyak sekali fitur-fitur yang sangat membantu kita merasa dekat dengan orang tersebut.
Bagi kaum mahasiswa internet sangat berguna sekali untuk mencari tugas/ bahan-bahan matakuliah. Apalagi pada saat ini banyak kampus yang mulai menggarap lahan internet untuk menjadi mata kuliah pendukung ,
Contoh universitas gunadarma yang belakangan ini sedang marak-maraknya menerapkan mata kuliah softskill, pada penerapannya mahasiswa diharuskan posting bacaan ke warta warga gunadarma minimal seminggu satu postingan. baik berisi tentang musik, umum , kuliner dan masih banyak lagi. Hal ini dapat membantu mahasiswa mendapatkan informasi dari mahasiswa yng satu ke mahasiwa yang lain karna mereka dapat melihat posting-an sesama mahasiswa gunadarma.di dalam warta warga

Melihat hal ini terlihat komunikasi melalui media elektronik terlebih internet sangat membantu kita untuk berkomunikasi dengan orang lain dari media ini kita juga bias memperoleh berita atau informasi secara cepat dan mudah, akan tetapi tidak sedikit juga orang yang menyebarkan informasi yang tidak dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya.

Dari hal diatas dapat dilihat dampak komunikasi melalui media internet sangat membantu untuk media mendapatkan informasi.Dengan keadaan jaman sekarang yang menuntut apa-apa serba cepat internet cukup memenuhi kebutuhan itu. Dengan waktu yang cepat kita bias memperoleh informasi tanpa harus buang waktu mencari buku di perpustakaan Meskipun terkadang internet sering disalah gunakan untuk kegiatan yang tidak berguna. Hal ini tidak mengurangi manfaat dari internet ini sendiri.hanya tinggal masyarakat yang dapat memilih untuk menggunakan internet dari segi negative atau dari segi positive

No comments:

Post a Comment