Friday, November 20, 2009

MOTIVASI

A. Pengertian Motivasi

Motivasi, dapat didefinisikan sebagai proses yang terjadi di dalam diri, yang menciptakan tujuan dan memberikan energi bagi perilaku seseorang (Kimble, et al, 1984).

Motif merupakan dorongan bertindak untuk memenuhi suatu kebu-tuhan, dirasakan sebagai kemauan, keinginan, yang kemudian terwu-jud dalam bentuk perilaku nyata.
Secara garis besar, teori motivasi dapat dikelompokkan menjadi dua kategori,yaitu: 1) Teori Kepuasan (Maslow, Herzberg dan MC Celland ); 2) Teori Proses (Vroom) (Gibson,et al, 1982).

PENDAPAT

Menurut saya motivasi adalah suatu “suplemen” bagi pikiran maupun perasaan manusia yang berguna bagi manusia itu sendiri agar dia dapat memandang segalanya lebih mudah agar dia tidak merasa cepat putus asa dalam menghadapi tantangan hidup


Berikut ini ada teori motivasi dari maslow

Teori Maslow (teori hierarki kebutuhan)

a. Manusia selalu mempunyai kebutuhan untuk berkem¬bang dan maju;

b. Manusia selalu berusaha memenuhi kebutuhan yang lebih pokok terlebih dahulu sebelum berusaha memenuhi kebutuhan lainnya, artinya kebutuhan yang lebih mendasar harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum kebutuhan tambahan yang lebih tinggi mulai mengendalikan perilaku seseorang.
Membahas dari teori diatas maslow menerangkan bahwa :

1. ”manusia mempunyai keinginan untuk berkembang dan maju”

PENDAPAT

Hal ini mengacu kepada hasrat dari dalam diri manusia untuk bisa beranjak dari kehidupan yang sebelumnya untuk menjadi lebih baik agar segala sesuatunya bisa dilakukan lebih mudah

Contoh : seorang pedagang kaki lima yang berjualan di pinggir jalan pasti ada keinginan untuk mengembangkan usahanya untuk menjadi lebih besar.


2. “Manusia selalu berusaha memenuhi kebutuhan yang lebih pokok terlebih dahulu sebelum berusaha memenuhi kebutuhan lainnya, artinya kebutuhan yang lebih mendasar harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum kebutuhan tambahan yang lebih tinggi mulai mengendalikan perilaku seseorang”.

PENDAPAT

Manusia pada umumnya pasti memiliki hasrat untuk memenuhi kebutuhan pokoknya, sebelum memenuhi kebutuhan yang lainnya.
Jika kebutuhan ini sudah dipenuhi mereka pasti kurang puas dan ingin mencari lebih yaitu dengan cara mulain mengendalikan perilaku seseorang(mengerjakan karyawan

Contoh : Seorang karyawan yang mempunyai gaji yang bagus pada suatu titik dia pasti akan mencari pendapatan yang lebih. Dia tidak ingi lagi bekerja pada seseorang tapi dengan cara membuka lapangan pekerjaan(wiraswasta)

No comments:

Post a Comment