Tuesday, March 30, 2010

Waduk Jatiluhur Dibuka, Karawang Barat Terendam Banjir Kiriman

Jakarta - Intensitas hujan yang tinggi di kawasan Bandung mengakibatkan daerah kawasan Karawang Barat mengalami banjir. Sebagian perumahan yang berada di sepanjang sungai Citarum turut terendam air akibat waduk Jatiluhur dibuka.

"Untuk kali ini banjirnya sudah parah. Perumahan-perumahan di sepanjang jalur Sungai Citarum, seperti perumahan Bintang Alam yang biasanya air hanya seperut, kini tambah parah sampai rumahnya nggak bisa lagi ditempati," kata salah seorang warga Karawang Barat, Siwi, saat dihubungi detikcom, Senin (22/03/2010).

Lebih lanjut ia mengatakan, kemungkinan genangan air yang melanda Karawang, akibat dibukanya pintu air waduk Jatiluhur yang tidak mampu menampung air akibat intensitas hujan di Bandung yang sangat tinggi. "Mungkin karena di Bandung hujan terus, jadi pintu air Jatiluhur dibuka. Tinggi minimal air di Jatiluhur 107 meter dan sekarang mencapai 108,25 meter, makanya kawasan yang terendam semakin meluas," ujarnya.

Sejak sore ini, keadaan air di Karawang Barat semakin tinggi. Perumahan Galuh Mas ketinggian air mencapai sepaha, beberapa juga mulai mengungsi kerumah kerabat terdekat.

Warga lainnya, Hermawan mengatakan, akiabt dibukanya waduk Jatiluhur, banjir yang menerjang Karawang semakin parah. "Sebelum dibuka seperut, sekarang sudah setinggi atap rumah," katanya.

Akibat banjir ini sejumlah ruas jalan besar di kota Karawang mengalami kemacetan. Sejumlah jalan tergenang air.

sumber :detik news

No comments:

Post a Comment